KAJIAN BEBAN PENCEMARAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU DI KAWASAN INDUSTRI PENGOLAHAN TAHU KELURAHAN GUNUNG SULAH


ABSTRAK Hasil Penelitian
Oleh
Utami Ningsih, S.T.P.
Dr. Eng. Udin Hasanudin, M.T.
Dr. Sri Hidayati, S.T.P., M.P.

Limbah cair industri tahu yang dibuang secara langsung tanpa pengolahan menyebabkan terjadinya pencemaran air, seperti warna sungai menjadi keruh dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya kapasitas air limbah yang dibuang dari industri tahu setiap harinya. Untuk mengetahui tingkat beban pencemaran lingkungan di kawasan Gunung Sulah perlu diketahui jumlah industri tahu, kapasitas produksi dan jumlah limbah cair, serta karakterisasi limbah cair tahu untuk menentukan cara pengolahan limbah cair yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran/profil industri tahu dan beban pencemaran limbah cair yang dihasilkan di kawasan industri pengolahan tahu Kelurahan Gunung Sulah.

Metode penelitian yang dilakukan yaitu survei lapangan. pengisian kuesioner dan wawancara terhadap pengusaha tahu, serta pengambilan sampel limbah cair tahu untuk di analisis mutunya. Hasil pengamatan dan analisis dihitung menggunakan metode deskriptif. Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah jumlah pabrik dan kapasitas produksi, jumlah dan karakteristik limbah cair indutri tahu, seperti nilai COD, pH, suhu, TSS, kekeruhan dan N total dan P total.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengusaha tahu di Kelurahan Gunung Sulah adalah 166 industri. Kapasitas produksi tahu di kawasan ini mencapai 7970 kg/hari dengan jumlah air yang digunakan untuk proses produksi rata-rata 16,7 l/kg dan mengeluarkan limbah cair tahu sebesar 9,46 l/kg perhari, sehingga kapasitas limbah cair yang dibuang setiap harinya yaitu sebesar 75,39 m3/hari. Beban pencemaran limbah cair tahu di kawasan ini mencapai 746,56 kg COD/hari Saran yang dapat diberikan adalah melakukan pengolahan terhadap limbah cair tahu sebelum dibuang ke perairan dengan memanfaatkan kolam IPAL yang ada di Kelurahan Gunung Sulah.


this text will send you completed if you contact this author weblog ... at yus.positif@gmail.com or abah.oryza@gmail.com



AddThis Social Bookmark Button