PENGARUH KONDISI REACT PADA SEQUENCING BATCH REACTOR (SBR) TERHADAP EFISIENSI PENYISIHAN KARBON, NITROGEN DAN FOSFOR SECARA SIMULTAN DARI LIMBAH CAIR

ABSTRAK Hasil Penelitian
Oleh
Hasna Wildayanti, S.T.P.
Dr. Ir. Tanto Pratondo Utomo, M.Si.
Ir. Otik Nawansih, M.P.

Industri pengolahan karet remah berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan antara lain dari limbah cair yang dihasilkan. Limbah cair karet remah berbahan baku bokar mempunyai kandungan bahan organik berupa COD sekitar 600-900 mg/l, nitrogen amonia 8-30 mg/l, dan ortofosfat 23-167 mg/l (Utomo dkk, 2003). Senyawa-senyawa nitrogen dalam limbah cair karet remah antara lain dapat menimbulkan eutrofikasi dan bersifat racun terhadap mamalia dan berbahaya bagi berbagai jenis organisme akuatik (Sawyer et al., 1994; Barber dan Stuckey, 2000). Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Sequencing Batch Reactor (SBR).

Pengolahan limbah cair pabrik karet menggunakan SBR dilakukan dengan dua waktu siklus. Siklus pertama dengan waktu 12 jam dan siklus kedua waktu siklus diturunkan menjadi 8 jam. Pada penelitian ini waktu siklus SBR yang digunakan adalah 12 jam dan 8 jam. Hal ini dimaksudkan untuk memperpendek waktu siklus, sehingga lebih banyak limbah dapat diolah dengan penyisihan optimal dalam waktu yang singkat dari beberapa konfigurasi fase react yang berbeda. Siklus SBR yang digunakan terdiri dari tiga tahap react, yaitu react1 (anoksik), react2 (aerobik), dan react3 (anoksik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyisihan karbon (CODs), nitrogen (amonia-soluble) dan fosfor (ortofosfat-soluble) terbaik didapatkan dengan pengolahan limbah cair karet menggunakan SBR konfigurasi 12a dengan waktu siklus fill 1 jam, react1 3 jam, react2 3 jam, react3 3 jam, settle 1 jam, dan decant 1 jam. Penyisihan COD sebesar 69,19%, amonia 70,37%, dan orthofosfat sebesar 3,8%. Selain itu penyisihan karbon (CODs), nitrogen (amonia soluble) dan fosfor (ortofosfat soluble) yang diolah dengan waktu siklus 12 jam lebih efektif dibandingkan dengan waktu siklus SBR 8 jam.


this text will send you completed if you contact this author weblog ... at yus.positif@gmail.com or abah.oryza@gmail.com



AddThis Social Bookmark Button